Peringati Hari Santri Nasional, Pj Sekdakab Tuba Pimpin Upacara di Pompes Darul Ishlah






Tulang Bawang - Pj Bupati Ir.Ferli Yuledi.,SP.,MM.,MT yang dalam hal ini di wakili oleh Pj Sekdakab Haryanto menghadiri upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2024 di Pondok Pesantren Darul Ishlah Kecamatan Banjar Margo, Selasa (22/10/24). 

Dalam kesempatan ini, Pj Sekdakab Tulang Bawang Haryanto membacakan sambutan dari Menteri Agama “Dalam suasana memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2024 yang baik ini, marilah bersama-sama kita memanjatkan puji dan rasa syukur kepada Allah subhanahu wata’ala. Karena atas karunia dari Allah lah kita semua dapat berdiri, melaksanakan Apel Hari Santri 2024 dengan penuh khidmat” .

“Hari Santri yang kita peringati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi kita semua untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah.
 
Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peristiwa “Resolusi Jihad” pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari” .

“Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”.
 Tema ini mengingatkan kita pada salah satu bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang berbunyi:
“Wamaayalil Mudhoo Faya’tikholafah. Anhu Fil I’robiidza Maakhudzifaa”
 
Bait itu menjelaskan bahwa “Seorang santri mempunyai tugas untukmelanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat.”
 
Seperti bait dari kitab Alfiyah tadi, tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa” Ujar Pj Sekdakab Tuba .

Pada kesempatan ini saya juga hendak menegaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren. Hari Santri adalah milik semua golongan. Hari Santri adalah milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negaranya. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apa pun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri.
 
Dan melalui momen apel Hari Santri 2024 ini marilah sejenak kita doakan pahlawan-pahlawan kita, ulama-ulama kita, santri-santri kita, yang telah gugur di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga mereka ditempatkan di sebaik-baik tempat dan dikumpulkan dengan para syuhada. Amiin.
 
Saya selaku selaku Menteri Agama menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang saat ini sedang bersuka ria memeriahkan Peringatan Hari Santri 2024” . Tutup Pj Sekdakab (*) 
Lebih baru Lebih lama