Pemkab Tuba Sosialisasi dan Ikrar Netralitas 147 Kepala Kampung



Tulang Bawang - Pemkab Tulang Bawang mengaprisiasi Bawaslu Provinsi Lampung atas pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Netralitas 147 Kepala Kampung (Kakam) Kabupaten Tulang Bawang berjuluk Sai Bumi Nenggah Nyappur dalam Pemilukada 14 Kabupaten/Kota Provinsi ini serentak 27 November 2024.

Kegiatan itu, berlansung di Gedung Musyawarau Mufakat (GMM) Jalan Cendana Menggala, Senin (30/09/2024).
 
Penjabat (Pj) Bupati Ferli Yuledi menyatakan, walaupun menjadi Kabupaten/Kota terakhir Tulang Bawang yang melaksanakan Sosialisasi dan Ikrar Netralitas Kakam ini,i tetap merasa antusias dan bersemangat menyambut pelaksanaan kegiatan ini. 

Terlebih pelaksanaan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati mendatang merupakan penutup dari rangkaian “Pesta Demokrasi” di tahun 2024 ini, maka kita harus mempersiapkannya semaksimal mungkin.

"Salah satu upaya untuk menciptakan pemilihan yang bersih, jujur, adil, dan demokratis adalah dengan memastikan aparatur pemerintahan, yang dalam hal ini adalah lurah dan kepala kampung untuk senantiasa menjaga netralitasnya, " sebut Bing panggilan akrab Ferli Yuledi.

Ia katakan lagi, apalagi Lurah dan Kakam itu merupakan orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat bersikap netral maka segala bentuk intervensi yang berpotensi mempengaruhi hasil pemilihan nantinya dapat dikurangi semaksimal mungkin.

Kemudian berkaca dari pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang lalu Kabupaten ini netralitas aparatur sudah cukup baik, dengan begitu meminta kepada seluruh aparatur, khususnya Lurah dan Kakam untuk mempertahankan prestasi.

"Jangan sekali-kali Bapak/Ibu “cawe-cawe” dalam politik praktis, karena jika terbukti melakukan pelanggaran, akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, " tegasnya.

Sambung dia, kontribusi kalian dalam menjaga netralitas juga secara langsung membantu Pemkab yang selama ini menjaga komitmen untuk mengawasi suksesnya pelaksanaan Pemilukada, sehingga pemerintah bersama Bawaslu Kabupaten terus berkolaborasi demi sukses dan lancarnya hajat Pemilukada.

Namun tidak sampai disitu, Sebelum pelaksanaan Sosialisasi dan Ikrar Netralitas Kakam bentuk kolaborasi yang telah tercapai adalah dengan berdirinya Kampung Pengawasan Pilkada serta dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu. 

"Dengan kolaborasi ini dapat terus terjaga dengan baik
untu dapat menjaga kedamaian dan kondusivitas sampai dengan berakhirnya seluruh tahapan Pemilukada, hal itu sangatlah penting agar seluruh tahapan pemilihan berjalan dengan baik dan lancar, " jelas dia. (*) 
Lebih baru Lebih lama