Panwascam Teluk Pandan Lantik 10 PKD, Siap Kawal Pilkada Serentak 2024



Matahatipost, Pesawaran --  Panwaslu Kecamatan Teluk Pandan melakasanakn pelantikan terhadap 10 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang, Pelantikan PKD untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti itu dipimpin oleh Ketua Panwascam Teluk Pandan, MUKHLIS SHOLIHIN, S.Pd, bertempat di GSG Widad Desa Sidodadi Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Minggu (2/6/2024) siang waktu setempat

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Bawaslu yang diikuti oleh seluruh peserta dan hadirin yang hadir. Dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dan pelantikan serta penandatangan pakta integritas.
Ketua Panwaslu Kecamatan Teluk Pandan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PKD yang dilantik merupakan hasil dari rekrutmen yang dilakukan oleh Panwascam mulai dari proses seleksi administrasi, wawancara hingga terpilih untuk dilantik.


"Pesan dari kami, amanah yang diemban ini jagalah dan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya demi mengawal pesta demokrasi 2024 agar berjalan dengan aman, damai dan demokratis tentunya," ucap Mukhlis


Mukhlis juga meminta kepada PKD yang baru saja dilantik itu untuk berkoordinasi secara aktif dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan di pesta demokrasi yang akan dilaksanakan nantinya.


"Koordinasi itu penting, baik itu berkoordinasi sesama rekan-rekan penyelengggara teknis, PPS, pemerintah desa, maupun stakeholder. Karena dalam menyukseskan pilkada serentak ini tidak bisa hanya penyelenggara saja, tetapi butuh kolaborasi seluruh elemen masyarakat yang ada demi tercapainya pemilu yang jujur, adil dan demokratis," imbuhnya


Sementara itu diwaktu dan tempat yang sama, pimpinan Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Bpk. Aji Purwadi S.H,  menyampaikan pesan agar PKD menjaga integritas. Menurut Aji integritas menjadi nomor satu yang harus dimiliki oleh seorang penyelenggara.

"Hari ini bpk/ibu dilantik, keluar dari rumah akan menjadi perhatian oleh kawan-kawan saudara, oleh tetangga dan oleh masyarakat. Mereka hanya tau saudara-saudara adalah penyelenggara, maka saudara harus mengedepankan integritas selama 8 bulan kedepan." tuturnya

Dalam kesempatan itu, mukhlis juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Bawaslu kabupaten pesawaran yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk mengawal pesta demokrasi khususnya di Kecamatan Teluk Pandan.

Turut hadir dalam kegiatan;
 Kapolsek Padang Cermin diwakili Bripka Fauzan Rakamigo
 Danramil Padang Cermin diwakili Sertu Maradhona 
Anggota PPK, serta sejumlah tamu undangan lainnya.
Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan pemberian ucapan selamat sekaligus foto bersama. (Pansi)
Lebih baru Lebih lama