Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan DPMPTSP Tulang Bawang Semakin Meningkat

 



Tulang Bawang,mataharipost.id-Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan salah satu tuntutan dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) secara rutin melakukan survey untuk melihat aspek kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang telah diberikan. 


Hal ini sejalan dengan amanat yang tertera pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pasal 19 telah mengamanatkan setiap penyelenggara pelayanan publik menyusun dan menetapkan standar pelayanan publik sebagai acuan dalam penyelanggaraan pelayanan publik dilingkungan masing-masing.


Undang-undang tersebut mewajibkan penyelenggara mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait dalam menyusun dan menetapkan Standar Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut sebagai Standar Pelayanan. Tingkat kualitas kinerja pelayanan publik memiliki dampak (impact) yang luas dalam berbagai kehidupan, terutama untuk mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu upaya penyempurnaan pelayanan publik (public service) harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat diberikan secara tepat, cepat, murah, terbuka, sederhana dan mudah dilaksanakan serta tidak diskriminatif.


Dr. Dedy Palwadi A.P., M.M Kepala Dinas DPMPTSP Tulang Bawang Mengatakan Bahwa di tahun 2023 ini telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat atas Unit Pelayanan Publik. Responden dalam survei ini adalah pengguna layanan dan berinteraksi secara langsung dengan unit pelayanan publik. Survei dilakukan dari Semester 1 periode bulan Januari - Juni dan semester 2 dari Juli - Desember dari semua pengaduan yang disampaikan telah di tindaklanjuti.


"Dari Grafik pengaduan masuk satu semester hanya berjumlah 6 orang saja dan telah selesai di tindaklanjuti," ungkap Dedy Kamis (07/12/23)




Lanjut Dedy, Dilihat dari jumlah nilai IKM mencapai 86.23, ini menunjukan bahwa meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap Mall Pelayanan Publik yang ada di Tulang Bawang," jelasnya. 


Melalui hasil survey ini, diharapkan dapat menjadi motivasi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dalam mewujudkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan akuntabilitas serta kepercayaan kepada DPMPTSP Tulang Bawang di masa yang akan datang," tutupnya. (Advetorial)

Lebih baru Lebih lama