Dapat Kucuran Dana Dari Kemendag, Pemkab Lambar Akan Bangun Pasar Tematik Wisata di Kawasan Lumbok Seminung Resort



Lampung Barat-mataharipost.id-Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai 70 miliar untuk pembangunan pasar tematik wisata, yang rencananya akan dibangun di Lumbok Seminung resort.

Dihadapan beberapa lintas Kementerian seperti Bapenas, Kementrian Perdagangan Perindustrian dan Kemendagri, Pemkab Lambar melalui Penjabat (PJ) Bupati Lampung Barat, Nukman, didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Lambar (koperindag) Tri Umaryani, memaparkan final terkait rencana alokasi anggaran dana alokasi khusus pembangunan pasar tematik wisata yang dilaksanakan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (09/11/2023).

Pj.Bupati, Nukman, mengatakan, dari 519 Kabupaten Kota di Indonesia hanya tiga Kabupaten yang terpilih, diantaranya Pemkab Lambar memperoleh alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan pasar tematik wisata senilai 70 milyar dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (RI).

"Untuk tahun 2024 dari 519 kabupaten/kota di Indonesia hanya tiga kabupaten yg direncanakan memperoleh alokasi dana, yaitu kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pasuruan provinsi Jawa timur," jelasnya. 

Ia menyampaikan rasa syukur, Pasalnya pemerintah pusat sangat mengapresiasi konsep pengembangan pasar tematik wisata yang dipaparkan dirinya. 

"Yang menggabungkan tiga elemen utama yaitu belanja, wisata dan budaya," kata dia.

Orang nomor satu di Lampung Barat itu berharap pengembangan pasar tematik wisata yang direncanakan tersebut ke depannya akan dibangun di kawasan wisata Lumbok Seminung resort.

"Dengan harapan dapat meningkatkan daya tarik wisata Lampung barat sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan, promosi pemasaran UMKM, penyediaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, investasi peningkatkan infrastruktur, pelestarian budaya dan lingkungan," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lampung Barat mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah pusat dalam peningkatan perekonomian Lampung Barat yang saat ini masih mengandalkan pertanian sebagai sektor utamanya. 

Disampaikannya juga, komitmen pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan dimaksud serta dukungan berbagai program dan kebijakan untuk memastikan keberlanjutan program pembangunan pasar tematik wisata sehingga mampu memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Niel)
Lebih baru Lebih lama